SEJARAH KUCING MAINE COON

tulisan ini saya buat karena permintaan dari akun Hobi Kucing, yang berpendapat bahwa kucing ras mainecoon merupakan silangan dari kucing dan racoon. Baik coba kita ulas. Meskipun tidak ada yang bisa memastikan asal muasal Kucing Maine Coon secara pasti, tapi kucing ini memiliki keterikatan sejarah dengan kota pelabuhan Maine di Amerika Serikat. 

 

 Tentang Nama Maine Coon 

Dari berbagai literatur, nama Maine Coon pertama kali dicatat pertama kali dalam "The Book of the Cat dari tahun 1903, saat itu FR Pierce dari Maine menulis bab tentang Maine Cat (Pierce 1903). Pierce menggambarkan kucing pada tahun 1860-an dan bagaimana kucing-kucing ini telah ada di Maine “sepanjang yang bisa diingat siapa pun”. Terkait dengan nama Maine Coon, Ada sebuah kisah masyarakat kota maine dimana istri seorang petani, yang memperhatikan kucing berbulu coklatnya, berseru, "Lihat kucing itu. Dia terlihat seperti seekor coon tua yang besar!" Orang-orang Maine, yang sudah lama dikenal karena selera humornya, segera mulai saling berkomentar tentang "kucing coon" mereka. Nama itu pun melekat. Saat lomba kucing pertama di Amerika, kucing mainecoon diberi nama sebagai MaineCats (walau saat itu orang lokal maine tetap memanggilnya "kucing coon"). Ras ini sekarang secara resmi disebut "Kucing Maine Coon". Pada tahun 1985, Kucing Maine Coon ditetapkan sebagai kucing Negara Bagian Maine berdasarkan undang-undang.

 

 Tentang Genetik Maine Coon 

Pada tahun 2008, Para peneliti melakukan penelitian genetika untuk menguji kesamaan genetik antar ras untuk membuat gambaran filogeografis (lihat gambar di bawah). Secara genetik Maine Coon cukup mirip dengan kucing rumahan acak yang ditemukan di wilayah New York, Amerika Utara (Lipinski 2008). Ini bisa menjadi indikasi bahwa ras tersebut sudah cukup lama ditemukan di Amerika. Secara genetik, Ras ini memiliki kekerabatan lebih jauh dengan Kucing Hutan Norwegia dan Kucing Siberia yang lebih dekat satu sama lain dan dengan ras Eropa. Satu hal yang mengejutkan, ternyata Ras Mainecoon sangat beda genetik dengan ras Turki Van, yang selama ini secara fisik terlihat hampir mirip. Dengan penelitian uji genetik ini kita sekarang jadi tahu bahwa kucing yang "terlihat" mirip tidak berarti memiliki genetika ras yang sama. dan anggapan bahwa Maine Coon punya kekerabatan dengan Racoon adalah kekeliruan besar. 

 

Salam 

cesario mainecoon cattery 

IG : cesario_mainecoon_cattery 

 

Lebih baru Lebih lama