Tips Memilih Maine Coon

Bila anda memutuskan untuk memelihara kucing ras, terutama ras maine coon, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

1. Keaslian Genetik

Kucing ras diklasifikasikan oleh berbagai organisasi kucing dunia menjadi beberapa ras yang diakui secara international. diantaranya CFA, FIFE, WCF, dan TICA

Sebagai upaya untuk mempertahankan kemurnian genetik dari ras tertentu, maka beberapa organisasi mengeluarkan sertifikat pedigree atau sertifikat silsilah dari kucing tersebut. Seperti halnya Surat Akte Kelahiran pada manusia, dengan sertifikat itu maka kita bisa mengurut kembali nama orang tua si kucing, dan bahkan sampai ke kakek nenek sampai buyutnya.  

 

2. Memenuhi Standart Ras

Bagi para penghobi, sertifikat saja tidaklah cukup. Kebutuhan akan kucing ras yang memenuhi standart sebagai ras tertentu menjadi kebutuhan. Hal ini dikarenakan, banyak peternak kucing yang melakukan kembang biak secara asal, tanpa memperhatikan kualitas dari anakan yang dihasilkannya. Pada akhirnya, perlu untuk selalu melihat apakah kucing yang dihasilkan oleh peternak kucing tertentu memang menghasilkan anakan kucing yang sesuai dengan standart organisasi kucing international. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengikuti ajang Cat Show. Di sana, berbagai kucing diperiksa oleh juri-juri yang telah berpengalaman untuk mengecek berbagai kucing yang ikut lomba, apakah kucing tersebut memenuhi standart kucing ras dari organisasi kucing dunia. 

 

3. Memilih Peternak yang baik

Penting untuk selalu kritis melihat apakah kucing yang akan kita adopsi berasal dari peternak kucing yang baik dan berpengalaman. Silsilah kucing menjadi perlu untuk ditanyakan kepada peternaknya. Tidak semua peternak memiliki itikad yang baik kepada calon adopter dari kucingnya. Peternak yang baik akan selalu memastikan bahwa segala informasi tentang kucingnya disampaikan dengan sejelas-jelasnya. Apakah kucing yang akan diadopsi memiliki kekurangan, bagaimana orang tua si kucing, bagaimana pola makannya, bagaimana pemeliharaannya, dan bahkan bagaimana karakternya. Informasi ini penting untuk diterima oleh calon adopter sebelum ia mengadopsi kucingnya dan menjadi bagian dari keluarganya.  


 





Lebih baru Lebih lama