Berapa sih Harga Adopsi Kucing Ras Maine Coon ?

Berapa sih biaya Adopsi Mainecoon ? 

Dari dulu sering saya perhatikan bila ada orang yang baru di dunia mainecoon kemudian tanya tentang "pasaran" harga mainecoon, pasti di kirim gambar dibawah ini. dan lucunya gambar ini dari dulu hingga sekarang selalu muncul tanpa ada koreksi

Saya bingung, sebenernya siapa yang membuat gambar ini? dan dia kompetensinya sebagai apa? kok bisa membuat "pasaran" estimasi harga mainecoon kaya gini ? yang bikin saya tambah bingung lagi adalah ternyata banyak temen2 yang justru mengamini begitu saja dan malah tak segan menyebarluaskannya tanpa koreksi. 

Disini saya ingin sedikit mengkritisi : 

1. Non ped semahal itu ? 

Dalam gambar estimasi harga itu ditulis bahwa harga non ped antara 4-8 juta? Jelas ini membuka ruang bagi orang untuk melakukan praktek mix alias kawin silang. Karena ia kemudian bisa mengkawinkan mainecoon dengan ras persia medium, dan ketika anaknya nanti ada yang sedikit mirip dengan mainecoon, maka dilepaslah dengan harga non ped. 

Tentu praktek ini sangat menguntungkan daripada cuma beternak kucing persimed, yang harga anakannya mungkin sekitar 200-500rb saja. Lalu Yang dibutuhkannya hanya menyakinkan orang lain bahwa anak kucingnya itu adalah keturunan "pure". Apa yang mau dibuktikan? kan semua non ped yang memang ga ada surat sertifikat pedigreenya. Modalnya ya berani debat saja, dan membuat circle sendiri antar pemain non ped di medsos. Kemudian melakukan perlawanan terhadap temen2 lain yang selalu berusaha menjaga etika breedingnya. 

Maka untuk menghindari praktek tersebut, dan menghindari anda sendiri kena tipu, mari kita sepakati bahwa : non ped bukanlah bagian dari ras mainecoon. Karena kalau kita diskusi pun selalu berujung pada debat kusir yang hanya berkutat pada adu argumentasi, tapi tidak bisa ada pembuktian valid. 

 2. Kucing Pedigree Mainecoon semahal itu ? 

Dalam gambar estimasi harga itu, ditulis kucing mainecoon pedigree dipatok dengan harga 8-18 juta. Wah mahal juga ya? dan Semua seakan dipukul rata. Tapi dalam catatan dibawahnya tetulis harga tergantung warna, kualitas bulu, keturunan dan prestasinya. Sekali lagi Saya jadi bertanya-tanya, Entah apa yang sebenarnya dipikir si pembuat gambar ini. Sampai-sampai bisa mendahului keinginan dari si pemilik kucing pedigree itu sendiri. 

 Jadi gini, terkait dengan adopsi, sebenernya masing-masing cattery berhak menentukan kepada siapa, dalam kondisi apa, dan berapa nominal mahar anaknya dilepas adopsi. Tentu saja masing-masing cattery punya pertimbangannya sendiri. Saya kasih contoh, cukup banyak cattery yang dengan dedikasinya kemudian melakukan effort tinggi dalam merawat kucingnya dengan membuat ruangan khusus, memberi AC, melakukan rutin grooming, memberi pakan yang baik dan bergizi tinggi, mencari jantan dan indukan dari genetik dengan kualitas yang baik, hingga melakukan uji coba kualitas kucingnya di Cat Show. Tapi ternyata tidak sedikit juga cattery yang tidak melakukan itu. Tidak bermaksud membandingkan, tapi tentu saja hal ini akan berujung pada kebijakan besaran nominal mahar adopsi dari masing-masing cattery, yang tentu saja akan berbeda. Bisa saja murah, atau bisa saja mungkin mencapai 50 juta perekor, semua tergantung kebijakan masing-masing cattery. 

Hal lain yang perlu diketahui bahwa beberapa cattery juga memiliki kebijakan biaya adopsi murah dengan "ganti uang pakan" atau bahkan "gratis". Lah Kok bisa ? Tentu saja bisa, karena tidak semua anakan mainecoon yang dihasilkan memiliki kualitas yang diinginkan. Atau dalam kondisi tertentu menyebabkan over populasi. Bila terjadi begitu, maka cattery akan melakukan steril terhadap anakannya. Kucing itu kemudian akan dilepas adopsi dengan sistem hibah atau semihibah. Nah, bagi temen-temen yang ingin punya mainecoon tapi masih merasa "sayang" harus mengeluarkan uang yang banyak, maka opsi ini bisa menjadi salah satu pilihan. 

 Intinya : Seperti halnya baju, sepatu, sepeda, motor, mobil, handphone dan sebagainya, Harga adopsi Ras Mainecoon juga tidak sama dan bervariasi semua tergantung dari bibit, bobot, bebet. 

Artinya dilihat lagi apakah : 

- Kucing Mainecoon itu memiliki sertifikat pedigree yang jelas

 - Apakah genetik Bapak dan Ibu dari kucing itu memiliki kualitas yang baik (dibuktikan dari gelar Show)

 - Apakah kucing itu dirawat dengan baik oleh breedernya ? 

- Apakah kucing itu memiliki penampakan yang bagus dan sesuai selera anda - dan sebagainya 

 

 3. Harga import Segitu ? 

 Saya jadi yakin bahwa yang bikin gambar estimasi ini cuma modal sok tahu, dan sebenarnya belum pernah import mainecoon. Karena bagi yang sudah pernah import, maka pasti tahu kalau biaya import tidak akan cukup kalau cuma segitu. Belum lagi biaya permit, pajak dll yang sekarang lagi viral 🤭 Lalu sebenarnya berapa biaya harga adopsinya ? 

 

Di akhir tulisan : 

Sekedar saran, jangan malu dan sungkan untuk bertanya langsung ke catterynya melalui chat. Saya yakin mereka akan menjawabnya dengan baik. Tapi sebelum itu, pastikan dulu apakah yang anda tanya adalah akun atau nomor yang langsung terhubung ke breedernya, atau jangan2 malah anda terhubung ke akun perantara atau makelar. Mungkin itu yang ingin saya sampaikan. Tentu kita semua berharap perkembangan Ras Mainecoon di Indonesia tidak statis dan malah jadi kalah dengan yang terjadi di negara lain, seperti Malaysia, China, dan bahkan di Eropa dan Amerika, yang semuanya saat ini telah berkembang sangat pesat. 

 

Cesario Maine Coon Cattery

 IG : cesario_mainecoon_cattery 


Lebih baru Lebih lama