Apakah Kucing Maine Coon Galak ?

Pertanyaan ini paling sering ditanyakan ke saya. Memang tentang apakah kucing ini galak atau tidak merupakan hal yang paling penting untuk diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengadopsi anakan kucing. Jawaban dari pertanyaan ini adalah Ras Mainecoon memiliki karakter Tidak Galak.

Tapi kenyataannya ternyata harus diakui bahwa ada dua jenis karakter dari Ras Maine Coon,  yaitu yang GALAK dan TIDAK GALAK. Lalu kenapa hal ini bisa terjadi ?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi karakter Ras Maine coon :

1. Ras Mainecoon Asli dengan Karakter yang Asli

Sebagian besar Ras Mainecoon memiliki karakter bawaan yang disebut dengan istilah "Gentle Giant" yang artinya "Raksasa yang Lembut". Kucing RAs MAinecoon yang asli membawa karakter ini, bahkan hingga ke karakter anak-anaknya. Ia sangat lembut, penyayang, penurut, dan tidak akan berani melukai pemiliknya. 

2. Ras Mainecoon Asli dengan Traumatik

Beberapa Ras Asli Mainecoon ketika dipelihara oleh breeder dan adoptenya pernah mengalami situasi atau kondisi yang membuat ia tidak nyaman seperti sangat ketakutan, kesakitan, dsb yang kemudian membuatnya kehilangan kepercayaan kepada manusia. 

3. Ras Mainecoon Percampuran (?)

Logikanya, Ras Mainecoon yang asli (yang ditunjukkan dengan sertifikat Pedigreenya) pasti akan memiliki atau membawa sifat aslinya yang "gentle".Bagaimana kalau kucing itu tidak memiliki Pedigree alias Non Ped ?jawabannya ya tentu saja karakternya juga TIDAK ASLI alias percampuran. Sehingga karakter Galak pasti muncul.

Lalu bagaimana bila kucingnya punya sertifikat PEDIGREE tapi kok galak ? jawabannya kembali kepada point 2, apakah ada trauma yang tentunya harus disembuhkan agar ia bisa percaya lagi kepada manusia. Tapi bila karena trauma, maka logikanya karakter galak itu tidak akan  menurun atau diwariskan ke anak-anaknya. Tapi bila ternyata karakter galak itu diwariskan juga kepada anak-anaknya, maka kemungkinan adanya sejarah percampurannya menjadi besar. Lalu bagaimana ? ya jangan dikembang-biakan karena akan merugikan bagi adopternya. Karena adopter pasti berharap ia akan mendapatkan ras mainecoon dengan semua sifat-sifat aslinya.

Intinya, 

Breeder yang baik tidak hanya mengembang-biakan kucing ini, tapi breeder juga pasti akan mengevaluasi apakah genetik mainecoon yang dikembang-biakannya memiliki ciri-ciri fisik dan karakter yang ideal yang diharapkan dari seekor kucing Ras Mainecoon. Apabila ada satu saja kekeliruan atau anomali negatif dari kucing yang diternaknya, maka breeder akan mengambil keputusan untuk tidak meneruskan program breedingnya. Tapi apakah semua breeder melakukan itu ? Hemm, kenyataannya ternyata tidak banyak breeder atau peternak yang melakukan itu.  


 Cesario Cattery

IG : cesario_mainecoon_cattery




Lebih baru Lebih lama